Live Streaming AC Milan vs Crotone?"Klik disini"

Luar Biasa, Tiga Pelatih Ex-Juve Pimpin Klasemen 3 Liga Top Eropa

Advertisement
Raden.id - Awal pekan ini bukan hari-hari yang bisa dikatakan baik bagi para Juventini. Kekalahan 1-3 dari Genoa di Luigi Ferraris (27/11) memang masih belum menggoyahkan posisi pemuncak klasemen Serie A. Tapi selisih poin dengan peringkat kedua, AC Milan kini tinggal 4 poin saja.

Itu di Serie A. Sekarang coba kita tengok tabel klasemen beberapa liga di Eropa.

Di Liga Inggris, Chelsea memuncaki tabel klasifika dengan 31 poin dari 13 pertandingan. Di La Liga Spanyol, Real Madrid unggul 4 poin dari Barcelona dengan 33 poin. Menyeberang ke timur Benua Biru, tepatnya Rusia, Spartak Moskwa nyaman di peringkat 1 dengan 37 poin. Unggul 6 poin dari Zenit di posisi 2.

Lalu, apa gunanya melihat klasemen liga tetangga?

Disini ada hal menarik. Secara kebetulan, ketiga tim di atas, Real Madrid, Chelsea dan Spartak saat ini diarsiteki mantan pemain Juventus di era 90-an. Zinedine Zidane membesut Real, Antonio Conte di Chelsea dan Massimmo Carrera mengarsiteki Spartak.

Antonio Conte

Zidane dan Conte pernah berada dalam satu tim di medio 90-an kala diarsiteki 'Opah'  Marcelo Lippi. Sedangkan Carrera keluar dari Juve saat Zidane masuk pada tahun 1996.

Pada era itu, Juventus dan Liga Italia memang sedang berada di masa jaya. Final Liga Champions 3 kali berturut-turut dari musim 1995-1996, 1996-1997 dan 1997-1998 adalah bukti sahih betapa Juventus adalah salah satu raksasa Eropa di era 90-an.

Gaya permainan yang lebih taktikal dibandingkan liga lainnya, bisa jadi merupakan salah satu penyebab bagaimana para veteran Serie A, khususnya Juventus, 'lebih cerdas'.

Jika kita iseng-iseng menghitung pelatih klub yang dulu pernah bermain di Serie A di era 90-an, niscaya kita akan mendapatkan daftar yang cukup panjang. Selain 3 nama di atas, masih ada nama Roberto Mancini, Sinisa Mihajlovic (Torino), Vicenzo Montella (AC Milan), Paulo Sousa (Fiorentina), Fabio Cannavaro (Tianjin Quanjian) ataupun Massimmo Oddo (Pescara).

Bagaimana pendapat kalian?

BACA JUGA: Dybala akan dapat kontrak dan nomor punggung baru!

Advertisement

BAGIKAN:

+1